Wednesday, February 19, 2014

Antologi Rasa: Ika Natassa



                                                    
                                                           Judul :        Antologi Rasa
                                                           Penulis:      Ika Natassa
                                                           Penerbit:    PT Gramedia Pustaka Utama
                                                           Terbit:        2011
                                                   
What if in the person that you love, you find a best friend instead of a lover?


Keara, Harris, Ruly dan Denise adalah empat orang sahabat yang dipertemukan di kantor yang sama, Border Bank. Keempatnya pernah tinggal serumah saat ditempatkan tugas di daerah. Sering melakukan traveling bareng dan hal-hal seru lainnya yang menjadikan mereka semakin dekat. Tapi cinta tumbuh silang diantara mereka.  

Panji ipar sahabat Keara (Dinda) yang dikencaninya sebagai pelarian untuk membunuh 'rasanya' terhadap Ruly.
 
 ###### 

Keara: digambarkan sebagai party girl, meskipun demikian dia wanita mandiri, hobi fotografi dan fans berat John Mayer. Cinta mati terhadap Ruly tapi tidak pernah berani mengungkapkan perasaannya karena tidak mau merusak persahabatan yang telah terjalin diantara mereka. Meskipun biasanya Keara bisa dengan mudah mendapatkan lelaki yang diinginkannya, tapi kali ini Keara bertahan menyimpan rasa itu hingga hampir 5 tahun lamanya.

Harris: digambarkan sebagai "player" -Keara pun menyebut Harris as PK (penjahat kelamin-red)-. Harris ini cinta mati kepada Keara sejak pertemuan pertama di hari pertama kerja mereka tapi sama halnya dengan Keara, ia pun tidak berani mengungkapkan rasa itu. Selama ini Harris lah yang menjadi teman sharing Keara mengenai segala hal termasuk perasaan yang dipendam Keara terhadap Ruly, sahabat mereka.

Ruly: digambarkan sebagai workhalic, pria baik-baik dan alim yang bisa jadi suami idaman untuk semua wanita. Cinta mati kepada Denise yang sudah dikenalnya sejak zaman kuliah di Boston dulu. Sayangnya Ruly tidak pernah berani untuk mengunngkapkan perasaannya itu, cinta pun bertepuk sebelah tangan karena Denise memilh lelaki lain untuk mendampinginya seumur hidup. Meskipun demikian kehidupan rumah tangga Denise - Kemal tidak berjalan mulus, bahkan Ruly lah yang selalu menjadi tempat curhat Denise tentang kepahitan keluarganya, tetapi meskipun demikian Denise tetap tidak tega meninggalkan suaminya. 


Panji: pria kaya, adik ipar Dinda (sahabat Keara) yang dikenal sebagai player ini sama pula halnya dengan Harris teman lamanya. Awalnya Keara dan Panji hanya sekedar flirting, tak disangka perasaan Panji berubah menjadi benar-benar cinta terhadap Keara sayangnya Keara tidak bisa meng-iya-kan perasaan Panji ini. 

######

Berbeda dari novel lainnya, Ika Natassa mengemas cerita ini dengan sangat menarik. Tiga tokoh utama ditambah satu tokoh 'pelarian' seolah bercerita langsung kepada pembaca sebagai sudut pandang orang pertama. Menceritakan tentang perasaan dan kejadian yang mereka alami, runut dan detail seperti membaca sebuah diary.
 
Konflik muncul ketika Keara menemani Harris berlibur ke Singapura dalam rangka menonton langsung F1 yang awalnya mereka akan berangkat bertiga bersama Ruly tapi sayangnya di saat yang sama Ruly mendapat tugas penting dari kantor mereka. Di saat mabuk, Keara meminta Harris untuk menciumnya hingga Harris tidak bisa mengontrol diri dan hal itu pun terjadi. Keesokan harinya di saat terbangun, Keara mendapati dirinya yang tidur di tempat tidur Harris. Saat itu juga Keara menjadi sangat marah dan membenci Harris, dia pun sudah tidak ingin mengenal bahkan menyebut nama Harris. Keara kembali ke Indonesia dengan perasaan yang sangat kacau. Meskipun demikian, Harris tetap terus berusaha mendekati Keara. Meminta maaf dan terus berusaha membuat Keara bisa kembali berbaikan dengannya.

Secara tidak sengaja Keara mengenal sosok Panji, adik ipar sahabatnya - Dinda. Mereka menjadi dekat satu sama lain. Di saat yang sama kantor menyatukan Keara dan Ruly sebagai satu tim yang membuat mereka berdua semakin intens bertemu bahkan sampai larut malam karena harus mengikuti segala meeting. Bahkan kedekatan mereka semakin tercipta ketika tim tersebut dikirim ke Bali, di sana keduanya menjadi saling dekat lagi, tak ada cerita tentang Harris ataupun Denise lagi. Banyak hal yang tidak diketahui Ruly sebelumnya mengenai Keara muncul disaat kebersamaan mereka di Bali. Bahkan Ruly yang dengan senang hati menemani Keara hunting foto seharian hingga ke pasar.

Bagaimana kisah lengkapnya?  Temukan segera kisahnya di buku ini. Asli, tidak akan bosan untuk membacanya. Biasanya jika saya penasaran terhadap ending sebuah cerita, saya akan langsung melihat bab terakhirnya. Tapi kali ini saya dengan semangat membaca halaman demi halaman hingga rasa penasaran itu terjawab juga. Nilai tambah lagi buat novel ini adalah banyaknya bahasa yang digunakan di dalamnya, selain Bahasa Indonesia hampir di setiap bagian disisipkan dengan Bahasa Inggris dan di setiap judul chapternya menggunakan Bahasa Prancis dan Latin. Keren bukan? Ayo, tunggu apalagi?

~~~ Happy Reading ~~~


5 comments:

  1. Waa.. jadi penasaran juga nih sama cerita Haris selanjutnya.
    Bagaimana ya kira2 Ruly kalo tahu masa lalu Keara?

    ReplyDelete
  2. Duhhh...siapa yang di pilih Keara? penasaran...

    ReplyDelete
  3. Katanya ada prediksi bukunya mau difilmkan ya, mba Diah. Penasaran. Aku belum baca buku yang ini. Kalo twivortiare udah, hehe

    ReplyDelete
  4. ceritanya menarik bikin penasaran,terus kisah keara selanjutnya gimana,apa dia terus bersama panji atau gimana mbak?

    ReplyDelete
  5. Sudah lama banget pengin baca buku-bukunya Ika Natassa. Minimal satu bukunya dulu saja. Tapi tiap mau beli kok selalu ada judul dan pengarang lain yang dipilih lebih dulu dan Ika harus menunggu lagi. Menunggu? Halah. . .

    ReplyDelete