Thursday, October 31, 2013

A Chance - Kim In-suk



                                                    Judul:         A Chance
                                                    Penulis:      Kim In-suk
                                                    Penerbit:    Bentang Pustaka
                                                    Terbit:        2012
                                                    Halaman:   vii + 282
                                                    Genre:        Novel
                                                    ISBN:        978-602-8811-94-1


SINOPSIS:

Gi Yeon, mempunyai kenangan lama yang susah untuk dilepaskannya. Kenangan buruk yang membuatnya takut akan pernikahan. Tetapi ada juga kenangan manis yang membuatnya enggan bergerak. Sejak kehadiran Seung In dalam kehidupannya, seperti ada candu untuk selalu bertemu dengannya.

Seung In,  meskipun telah berhubungan dengan beberapa wanita tapi dirinya tidak kunjung untuk menikahi salah satunya. Ia selalu heran mengapa otak wanita selalu berisi tentang pernikahan. Haruskah hubungan pria dan wanita berujung pada hal tersebut? Tetapi tak disangkanya, sejak kehadiran Gi Yeon dalam hidupnya, semua berubah menjadi jauh lebih menyenangkan. Meskipun sikap Gi Yeon yang terlihat misterius membuatnya selalu takut untuk berkata jujur.

Akankah hubungan mereka berlanjut menjadi sepasang kekasih dan menikah atau mungkin hanya perasaan yang terabaikan?


RESENSI:

Novel terjemahan dari Seoul, Korea ini ditulis oleh Kim In-suk. Bercerita tentang kisah Gi Yeon dan Seung In. Mereka bertemu pada suatu malam ketika Seung In dan temannya, Hyeon Joong melewatkan malam di sebuah cafe. Seung in adalah seorang arsitek terkenal sedangkan Hyeon Joong adalah seorang pengusaha properti. Hyeon Joong memperkenalkan Seung In ke Gi Yoen dan berkata bahwa perempuan itu adalah siswi yang sekolah di Paris, yang sedang berlibur di Korea dan sebentar lagi mendapat gelar doktor. 

Seung In merasa dia telah bertemu dengan perempuan ini sebelumnya, meski tidak mengingat jelas dimana dan belum tahu siapa nama perempuan tersebut. Sejak saat itu hubungan keduanya menjadi dekat dan lama kelamaan menjadi sangat dekat. Tidak jarang mereka jalan berdua bahkan saling mengunjungi apartemen masing-masing. Bagaimana kisahnya? Temukan selengkapnya di novel ini yah. 

Awal lihat buku ini jadi pengen baca, ditambah lagi sepertinya review tentang buku ini positif. Covernya juga cantik, dedaunan dan ada gambar kursi kosong seperti seseorang yang menunggu akan adanya sebuah kesempatan, mungkin seperti itulah gambaran saya. Tapi ternyata mengecewakan. Menurut saya pribadi, buku ini membosankan. Saya tidak suka cerita yang tokoh utamanya adalah orang ketiga, bukan penokohan dari sudut pandang orang pertama. Kesannya monoton dan membingungkan. 

Padahal settingnya di Korea, saya fikir bisa seperti film-film Korea itu yang ceritanya mengharukan. Ending cerita novel ini pun kurang baik, sosok Gi Yoen harus meninggalkan karena kecelakaan. Bagaimana mendapatkan kesempatan jika seperti ini?


#######


Sunday, October 27, 2013

Little Girl Lost: Barbie Probert-Wright & Jean Ritchie



                                                    Judul:         Little Lost Girl
                                                    Penulis:      Barbie Probert-Wright & Jean Ritchie
                                                    Penerbit:    Pt Elex Media Komputindo
                                                    Terbit:        2009
                                                    Halaman:   viii+ 287
                                                    Genre:       Novel - True Story
                                                    ISBN:        978-979-27-4945-8


SINOPSIS:

Ini adalah kisah nyata dari Barbie dan saudara perempuannya Eva dalam usaha mereka mencari Sang Ibu, Mutti - begitulah mereka memanggilnya. Perjalanan panjang mencari sang Bunda melintasi negeri yang tercabik perang.

Mereka terpisah dari Mutti ketika Perang Dunia II. Perjuangan yang sangat mengharukan. Perjalanan Barbie dan Muttie untuk kembali berkumpul bersama Mutti. Perjalanan melintasi Jerman dalam situasi perang bukanlah hal yang mudah. Dapatkah mereka bertemu Mutti lagi? Bagaimana usaha mereka untuk bisa berkumpul kembali dengan Mutti? Apa saja yang mereka hadapi selama perjalanan? 

RESENSI:

Novel ini terbit pertama kali diterbitkan oleh Arrow Books, UK pada tahun 2006 kemudia diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia pada tahun 2009. Novel yang bercerita tentang kisah nyata yang sangat mengarukan. Terdapat 22 bab cerita dan 1 bab epilog di dalamnya.

Perang Dunia II yang melanda Jerman pada tahun 1945 telah menyebabkan Barbie dan Eva terpisah dari Mutti dan Papa. Saat itu Barbie berusia tujuh tahun sedangkan Eva telah berusia sembilan belas tahun. Papa yang diwajibkan untuk mengikuti wajib militer terpaksa harus terpisah dengan istri dan anak-anaknya. Sebelumnya mereka tinggal di Hamburg dan beberapa saat sebelum perang mereka telah kehilangan satu anggota keluarga, Ruth - anak pertama Mutti dan Papa.

Di tahun awal-awal perang, Papa kadang ditugaskan di perbatasan Polandia. Bertugas membasmi penyelundupan yang marak terjadi di sana. Meskipun tempat kerjanya jauh, Papa masih bisa pulang ke Hamburg secara berkala. Setelah kepergian Ruth, mereka merasakan kedukaan yang dalam tetapi hidup harus terus berlanjut. Mutti mengatasinya dengan mencurahkan diri untuk mengurus Eva dan Barbie tanpa memperhatikan dirinya atau kesehatannya sendiri. Hingga akhirnya tubuhnya menjadi lemah, memberontak dan Mutti kolaps, lumpuh tak bisa berjalan. Dokter tidak menemukan penyebab kelumpuhannya, butuh waktu berbulan-bulan bagi Mutti untuk bisa kembali ke rumah bersama anak-anaknya lagi. 

Gadis-gadis seusia Eva wajib menjadi anggota Liga Gadis-gadis Jerman dan diharapkan untuk melakukan pekerjaan perang. Eva beruntung mendapat tugas bekerja di suatu rumah BDM di pedesaan Tabarz sebagai guru. Dengan sakitnya Mutti dan perginya Eva, Barbel pun tinggal bersama Papa. Mutti sakit selama lima atau enam bulan. Tak lama kemudian, dia dipindah dari rumah sakit ke rumah perawatan dekat tempat tinggal Barbie dan Papa. Setelah kondisinya membaik, Mutti pun bisa pindah ke flat Papa. Keluarga ini kembali bersatu walau Eva belum bisa bergabung lagi.

Dua bulan sebelum ulang tahun Barbie yang keenam, serangan kembali terjadi. Papa diminta untuk ikut berperang di medan perang Rusia. Musim dingin 1944, kekalahan Jerman tampak di depan mata tetapi tidak semua orang bisa menerimanya. Kemudian keadaan memaksa Eva pulang ke rumah, ketika pada tanggal 20 Januari 1945, Mutti meminta Eva untuk kembali dan menjemput Barbie. Mutti ingin memastikan keadaan Barbie aman, setidaknya dari serangan Rusia yang semakin dekat. Mutti merasa Barbie akan lebih aman bersama Eva di Tabarz. 

Barbie pun hidup bersama Eva di Tabarz. Tetapi Eva membuat keputusan penting setelah tahu pasukan Amerika telah menyapu Jerman dan telah menguasai tepian sungai bagian timur Dusseldorf, kurang dari 150 mil dari tempat mereka tinggal saat itu. Dengan persetujuan Barbie, keduanya pun memulai perjalanan untuk kembali ke tempat Mutti. Bukan hal mudah melakukan perjalanan pada saat situasi perang yang memporak-porandakan. Banyak rintangan yang harus mereka hadapi, terjebak, mengalami ketakutakan akan bahaya perang yang tiap saat mengancam mereka. Bertemu penyihir, tidur di dalam tambang, bertemu para penyerbu dan juga para penjarah. Tetapi itu semua tidak menyurutkan usaha mereka untuk terus berjalan demi dapat berkumpul kembali bersama Mutti. 

Bagi Barbie, Mutti dan Eva adalah segalanya. Eva adalah pahlawannya yang telah berani mengambil risiko begitu besar untuknya. Dengan kesungguhan keduanya, mereka pun dapat berkumpul kembali bersama Mutti dan keluarga besarnya. Perjuangan yang sangat mengharukan betapa besarnya usaha kedua gadis ini untuk kembali hidup bahagia di sisi sang Bunda. Tempat terbaik bagi mereka adalah tempat dimana sang Bunda berada, merasakan kehangatan dan kelembutan kasih sayang seorang Ibu. Dengan terus berjuang tanpa lelah mereka pun bisa kembali merasakan hangatnya pelukan sang Mutti. 

Baca buku ini seperti mengajak kita untuk merasakan sendiri perjuangan Barbie dan Eva, merasakan ketegangan yang terjadi sepanjang perjalanan mereka. Suka dengan cerita yang berakhir indah ini.  Penasaran cerita lengkapnya? Silahkan cari buku ini yah. Selamat membaca :)


#######


Wednesday, October 23, 2013

The Jilbab Traveler - Asma Nadia, dkk



                                                    Judul:         The Jilbab Traveler
                                                    Penulis:      Asma Nadia, dkk
                                                    Penerbit:    AsmaNadia Publishing House
                                                    Terbit:        2012
                                                    Halaman:   xii + 330
                                                    Genre:       Non Fiksi
                                                    ISBN:        978-602-9055-13-9


SINOPSIS: 

Berjilbab bukan lagi sebuah ketakutan untuk meraih mimpi keliling dunia. Bahkan dengan jilbab Asma Nadia, dkk telah membuktikan bahwa mereka bisa jalan-jalan dengan aman dan merasa nyaman. 

Semua berawal dari impian. Dan buku ini telah membuat mimpi keliling dunia menjadi nyata, bukan sekedar impian belaka. Asma Nadia sudah membuktikannya, dari gadis kecil yang tinggal di pinggir rel kereta menjadi penulis traveler yang telah menjelajahi 130 Kota di 30 Negara di dunia. 

Nah, apa saja cerita Asma Nadia dan kawan-kawannya yang sesama jilbab traveler itu dalam mewujudkan jalan-jalan impian mereka? Temukan jawabannya di buku ini yah. Selain cerita perjalanan mereka, Mbak Asma Nadia juga punya tips traveling loh. Ada pelajaran bahasa asing juga di dalamnya, sekalian menambah kosa kata kita nih untuk berbagai bahasa dari Negara seberang sana.


----------

RESENSI

The Jilbab Traveler, buku karya Asma Nadia, dkk ini berisikan tentang kisah mereka mewujudkan mimpi jalan-jalan mereka mengelilingi negara impian dengan tetap mempertahankan penggunaan jilbab mereka. Jilbab bukan lagi menjadi penghalang untuk mewujudkan mimpi berkeliling dunia. Sebaliknya dengan jilbab mereka merasa jauh lebih aman dan nyaman. Dengan jilbab pula mereka bisa mengenalkan ke seluruh dunia bahwa jilbab bukan penghalang, jilbab adalah identitas seorang muslimah. Hebat banget kan yah mereka?

Dalam buku ini Mbak Asma Nadia menceritakan tentang kisahnya di 130 Kota di 30 Negara di dunia. Mewujudkan mimpinya yang berawal dari pintu kulkas. Iyah, pintu kulkas. Terdengar aneh yah? Jadi mimpinya itu bermula dari pintu kulkas, mimpi untuk jalan-jalan ke luar negeri tepatnya. Ketika di Bandung dulu, dia melihat banyak magnet souvenir dari berbagai negara yang bertaburan di pintu kulkas keluarga dan kerabatnya. Karena senangnya melihat souvenir kecil dengan gambar-gambar khas itu, dia pun sering berlama-lama memandangi magnet souvenir itu, cuma memandangi tanpa berani menyentuh. Ternyata mimpi ini pun terwujud, setelah menikah dan dia menemukan jalannya untuk mewujudkan mimpi-mimpinya dengan cara menulis. Diundang ke berbagai negara hampir semuanya gratis. 

Tidak hanya bercerita tentang bagaimana dia berkunjung ke berbagai negara, bahkan benua, di buku ini juga disajikan berbagai tips untuk jilbab traveler. Apa saja yang harus disiapkan sebelum melakukan traveling, termasuk di dalamnya bagaimana menyiapkan budget dan mengelolanya dengan baik, mencari tiket, penginapan. Tips biar gak nyasar di Negeri orang, kiat hemat jalan-jalan, hal-hal yang perlu dihindari saat traveling, dan masih banyak tips lainnya baik untuk dependent traveler maupun independent traveler.

Eits gak hanya tips aja yang ada, di buku ini juga disediakan kamus khusus yang bisa jadi bekal kita untuk tetap survive selama melancong di Negeri orang. Diantaranya bahasa Spanyol, Belanda, Damaskus, Korea, Yunani, Jerman, Inggris, Turki, hingga bahasa Rusia juga ada loh.

Nah, buat teman-teman yang punya mimpi ingin berkeliling dunia atau sedang merencanakan untuk ber-back-packeran gak ada ruginya loh baca buku yang satu ini. Gak hanya untuk jilbab traveler, untuk umum juga bisa aja kok. Tunggu apalagi? Selamat membaca dan selamat melancong yah ^___^


##########

Monday, October 21, 2013

Love to Love You - Kezia Evi Wiadji



                                                            Judul:         Love to Love You
                                                            Penulis:      Kezia Evi Wiadji
                                                            Penerbit:     Media Pressindo
                                                            Terbit:        2012
                                                            Halaman:   187
                                                            Genre:       Fiksi
                                                            ISBN:        978-979-911-179-1


Lia dan Anton menjalani kehidupan cinta yang nyaris sempurna. Hati keduanya seolah terikat satu sama lain. Manis pahitnya kehidupan telah membuat cinta mereka menguatkan keduanya. Hingga akhirnya kekuatan cinta mereka diuji oleh datangnya badai. Kejujuran manis yang selama ini ditanam ternyata berbuah kenyataan pahit. 


---------------

Novel mini ini ditulis oleh Kezia Evi Wiadji, ini adalah novel keduanya. Bercerita tentang kehidupan pasangan, Lia dan Anton yang harmonis dan penuh cinta. Keduanya saling menjaga cinta mereka, namun masih ada yang kurang lengkap dari mereka yaitu kehadiran anak sebagai buah cinta mereka. Segala cara pun telah mereka lakukan untuk kehadiran anak diantara mereka untuk melengkapi kebahagia keduanya. Terlebih lagi Lia yang seorang guru TK dimana dalam kesehariannya ia mengurus begitu banyak anak-anak kecil melengkapi keinginannya untuk segera memiliki anak sendiri.

Di sekolah tempatnya mengajar, Lia mempunyai seorang murid yang pintar, lucu dan sangat menggemaskan. Dialah Caca, anak yatim piatu yang ditemukan Lia di depan pintu sebuah panti asuhan, saat anak itu berusia kira-kira satu bulan, di dalam kardus lusuh, tanpa pengenal apa pun. Panti asuhan itu kemudian mengambil dan membesarkan Caca sampai sekarang. Biaya dari para donaturlah yang bisa membuat Caca merasakan sekolah, di TK tempat Lia mengajar. Dari hari pertama, sosok Caca berbeda. Dia pun tidak mau memanggil Lia dengan sebutan Ibu guru, bahkan Caca bersikeras memanggil dengan sebutan Mama Lia.

Waktu terus berputar tetapi masih juga belum ada tanda-tanda kehadiran anak di rahim Lia, meskipun demikian kehidupan Lia dan Anton tetap rukun dan harmonis. Hingga suatu hari badai datang menghadang keluarga mereka, disaat karier Anton berada di puncak. Konflik cerita ini bermula pada bab kelima, Celaka. Dimana seseorang di masa lalu datang kembali dalam kehidupannya dan mengacaukan segalanya. Kehidupan keluarganya pun menjadi berantakan. Akankah kehidupan keduanya bisa kembali normal lagi? Atau sebaliknya, akankah perpisahan yang akan ditempuh oleh keduanya? Temukan jawaban lengkapnya pada novel ini yah.


---------------

Mungkin pesan moral yang bisa diambil dari cerita ini adalah semua masalah rumah tangga sebaiknya dibicarakan baik-baik, segala cerita masa lalu pun harus dibahas bersama agar hal yang tidak diinginkan bisa dihindari. Dengan percaya terhadap pasangan, kita bisa menghindari adanya provokasi dari orang yang ingin berbuat jahat terhadap kita. Menjatuhkan kita dan memporak-porandakan hubungan kita. Untungnya cerita ini happy ending, keluarga kecil Lia dan Anton kembali bersatu. Dan sekali lagi Tuhan menunjukkan kuasaNya kepada keduanya, dengan kesabaran dan kekuatan cinta dalam menghadapi cobaan hidup berumah tangga akhirnya setelah penantian panjang, merekapun mendapatkan anak - buah cinta mereka.


###########

Saturday, October 19, 2013

Filosofi Kopi - Dee



                                   Judul:         Filosofi Kopi: Kumpulan Cerita dan Prosa Satu Dekade
                                   Penulis:      Dee/Dewi Lestari
                                   Penerbit:    Bentang Pustaka
                                   Terbit:        2012
                                   Halaman:   xiv + 139
                                   Genre:       Fiksi/Kumpulan Cerita
                                   ISBN:        978-602-8811-61-3


Ini adalah kumpulan cerita dan prosa satu dekade dari seorang Dewi Lestari atau lebih akrab disapa dengan Dee.  Ada total 18 cerita dan prosa di dalamnya. Seperti judulnya, Filosofi Kopi lah yang menjadi cerita utama dalam buku ini.  

Filosopi Kopi  ditulis pada tahun 1996 inin menceritakan kisah Ben dan Jody sang pemilik kedai kopi, Filosofi Kopi. Ben sebagai barista dan Jody yang bertugas di belakang mesin kasir bersama dengan kalkulatornya. Kedai itu diberi nama Filosofi Kopi - Temukan Diri Anda di Sini, karena setiap orang bebas menentukan pilihan menunya sendiri dan dari pilihan itulah Ben dapat membaca kepribadian sang pelaggan. Seperti cappucino, untuk orang yang menyukai kelembutan sekaligus keindahan. Untuk penikmat sejati cappucino pasti akan memandangi penampilan yang terlihat di cangkirnya sebelum mencicipinya.

Berbeda dengan kopi tubruk melambangkan kesederhanaan, lugu tapi sangat memikat jika kita mengenalnya lebih dalam. Kedahsyatan kopi tubruk terletak pada temperatur, tekanan dan urutan langkah pembuatan yang tepat untuk mendapatkan aroma yang memukau.

Suatu hari, seseorang datang ke Filosopi Kopi berniat untuk merasakan kopi yang sesuai dengan penggambaran dirinya, sayangnya di kedai itu belum ada yang sesuai dengan karakteristik orang tersebut hingga akhinya dia menantang Ben untuk menemukan kopi yang sempurna, apabila diminum akan membuat kita menahan napas saking takjubnya, dan cuma bisa berkata: hidup ini sempurna. Ben pun menerima tantangan tersebut. Bagaimana kisahnya? Akankah Ben berhasil mendapatkan kopi yang sempurna itu? Silahkan temukan jawabannya pada buku ini.


#########


Friday, October 18, 2013

Jawab Jujur: Suka Duka Cerita Hati - @JawabJUJUR

                        

                                              Judul:         Jawab Jujur: Suka Duka Cerita Hati
                                              Penulis:      @JawabJUJUR
                                              Penerbit:    Bukuné
                                              Terbit:        2013
                                              Halaman:   182
                                              Genre:       Non-fiksi/Kumpulan Cerita
                                              ISBN:        602-220-075-X


Satu yang pasti, seberat apa pun percintaanmu. Jangan kecil hati, karena kejujuran mungkin bisa meringankan bebanmu.

Awal memutuskan beli buku ini karena suka lihat covernya yang lucu dan timbul gitu, pokoknya bedalah. Emang cover buku-buku keluaran Bukuné emang berbeda, buat orang jadi tertarik dan penasaran untuk membacanya. Thumbs up untuk Bukuné! 

Dalam buku ini,  @JawabJujur mengajak kita untuk membahas segala macam tentang kisah cinta. Kisah cinta itu emang tidak ada habisnya. Saat orang jatuh cinta segalanya akan terlihat indah, tetapi sebaliknyiia ketika patah hati dunia terasa suram, kelam. Kisah cinta memang rame rasanya, campur aduk jadi satu. 

Tiap orang punya cara berbeda-beda dalam menemukan pasangannya, ada yang normal berawal dari temanan terus pedekate, jadian dan berakhir bahagia -happy-ending-everlasting. Dalam buku ini kisah PDKT yang diceritakan oleh para pelakunya pun unik-unik, ada yang lewat SMS, bahkan ada yang PDKT dari dunia maya. Lain lagi nih dengan cerita PHP a.k.a pemberi harapan palsu, yang mana hubungannya 'gantung', dibilang jadian enggak tapi dekatnya udah kayak jadian atau sebaliknya. Nelpon-SMS-BBM-mention di sosial media udah mengalahkan dosis minum obat dalam sehari, eehh ujungnya malah jadian dengan orang lain. Duuh parah banget kan yaah?

Long Distance Relationship a.k.a LDR punya cerita tersendiri juga nih. Bagaimana cara mereka para distancers untuk tetap bertahan demi cinta mereka. Kisah yang menggemaskan juga ada seperti tikung-menikung dan selingkuh. Nah lo, lengkap banget kan? Pokoknya buku ini menceritakan semua masalah yang berhubungan dengan percintaan deh. Ada lucunya, sedih, kasian sampe rasa gemes pengen ikutan marah juga loh. Yang pasti semua cerita yang ada dalam buku ini dijawab pelaku tadi dengan jujur dan nyata apa adanya. Karena buku ini dirangkum dari kisah nyata hasil curhat para followers @JawabJUJUR.

Cinta memang penuh suka duka, jadi jangan pernah merasa sendiri karena gagal dengan cinta karena masih banyak juga koq yang mungkin saja kisahnya menyedihkan dari kita. Karena cintalah yang akan menguatkan dan mendewasakan kita agar bisa lebih baik daripada sebelumnya, bukankah pengalaman adalah guru terbaik? Nah kurang lebih seperti itu pulalah, cinta :)



##########


Wednesday, October 16, 2013

Rantau 1 Muara



                                              Judul:         Rantau 1 Muara
                                              Penulis:      A. Fuadi
                                              Penerbit:    PT. Gramedia Pustaka Utama
                                              Terbit:        2013
                                              Halaman:    ix + 407
                                              Genre:        Fiksi
                                              ISBN:       978-979-22-9473-6


Ini adalah novel ketiga tetralogi perjalanan hidup Alif. Setelah Negeri 5 Menara dan Ranah 3 Warna kini giliran Rantau 1 Muara yang bercerita tentang kisah pencarian tempat berkarya, pencarian belahan jiwa dan pencarian di mana hidup akan bermuara. Kali ini Alif mengaplikasikan mantra "Maan Saara Alaa Darbi Washala" (siapa yang berjalan di jalannya akan sampai di tujuan). Mantra inilah yang menuntun pencarian misi hidup Alif. Hidup yang hakikatnya adalah perantauan. Suatu masa akan kembali ke akar, ke yang satu, ke yang awal. Muara segala muara.

Bertualanglah sejauh mata memandang.
Mengayuhlah sejauh lautan terbentang.
Bergurulah sejauh alam terkembang. 

---------

Alif lulus kuliah pada tahun 1998 dimana kondisi Indonesia sedang porak-poranda karena krisis ekonomi dan peralihan orde baru ke masa reformasi. Setelah lulus kuliah sebenarnya masih mempunyai mimpi ingin bersekolah ke Amerika. Namun sayangnya ia belum mendapatkan jalan untuk mewujudkan mimpinya itu. Alif pun memutuskan untuk bekerja terlebih dahulu sambil terus belajar untuk persiapan mengajukan aplikasi beasiswa ke Amerika, negara tuujuannya.

Ia pun mulai melamar pekerjaan di berbagai perusahaan sambil terus menulis, sayangnya semua lamarannya ditolak. Suatu hari sepulangnya dari menghadiri wawancara kerja di kantor perusahaan telekomunikasi di Kota Bandung, dia bertemu dengan sahabat masa kecilnya Randai dan juga Raisa teman ketika mengikuti pertukaran pemuda Indonesia - Kanada. Keduanya menanyakan kabar Alif dan apa pekerjaandnya sekarang. Dan seperti biasa konsistensi yang diperlihatkan Randai sebentar lagi akan mengantarkannya mencapai impian masa kecil mereka untuk membuat pesawat sampai ke Jerman, tempat Habibie bersekolah. 

Ketika mengetahui Alif yang masih belum mendapatkan pekerjaan, Randai mengingatkan Alif bahwa dia telah ketinggalan beberapa langkah darinya. Alif merasa 'terpancing' dengan perkataan  Randai tersebut dan membalasnya bahwa dirinya tidak akan sekedar mengejar bahkan dia akan melampaui Randai. Keduanya pun deal akan dua hal: belajar dan bekerja di Eropa atau Amerika. Karena hal tersebut Alif semakin semangat untuk mewujudkannya. Alif merasa bahwa dirinya harus lebih fokus dan konsisten seperti pesan yang pernah disampaikan Kiai Rais. 

Ia merasa menulis adalah cara untuknya untuk mengabdi dan menjadi khalifah di muka bumi, tapi selama ini tidak disadarinya. Mulai hari itu, ia pun semakin giat mengirim banyak surat lamaran ke berbagai media massa dan penerbit buku. Man Saara Ala Darbi Washala. Setelah lama menunggu akhirnya dia mendapatkan kabar gembira dari salah satu media massa yang menerimanya untuk bergabung dalam tim redaksi Derap. Disinilah Alif memulai karirnya, memulai usaha kerasnya pula hingga mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi ke Negara impiannya, Amerika. Tidak hanya itu, dari Derap pulalah dia menemukan sosok orang yang 'dicarinya' hingga akhirnya menambatkan hatinya pada gadis tersebut.

---------

A. Fuadi lahir di pinggir Danau Maninjau 41 tahun yang lalu. Hijrah ke Jawa demi mengikuti keinginan Ibunya untuk melanjutkan sekolah di pesantren, kisahnya selama di pesantren diceritakan pada novel Negeri 5 Menara. Melanjutkan S1 jurusan Hubungan Internasional di UNPAD. Semasa kuliah ia pernah mengikuti pertukaran pemuda ke Kanada, kisahnya kembali ditulliskan menjadi sebuah novel Ranah 3 Warna. Selanjutnya setelah menyelesaikan S1 dia memulai karirnya pada redaksi Derap dan melanjutkan pula S2 di Amerika kisahnya tertuang pula di novel ketiganya Rantau 1 Muara. 

Rantau 1 Muara menceritakan tentang perjuangan hidup Alif Fikri yang begitu keras. Kisah yang sangat inspiratif. Untuk sebuah mimpi Alif Fikri bersabar untuk terus memperjuangkannya. Bekerja sambil menumpang tidur di kantornya pun dilakoni demi penghematan biaya hidup tinggal di Ibukota Negara  disaat krisis ekonomi yang melanda Negeri ini pada tahun 1998. Dengan tekad yang bulat, dia terus belajar dan mencari beasiswa agar bisa melanjutkan S2 di luar negeri. Karena keuletannya itulah dia berhasil mendapatkan beasiswa untuk S2 di Amerika, berkat prestasi yang diraihnya selama bekerja ia pun diberi kelonggaran oleh Pemimpin Redaksinya untuk tetap bergabung di Media tersebut, dia akan bertugas menjadi wartawan khusus untuk meliput berita di Amerika sana. 

Sebelum berangkat, dia berkenalan dengan seorang gadis yang baru saja bergabung di Media tersebut. Alif merasa cocok dengan gadis ini tapi tidak punya keberadian untuk mengungkapkannya. Justru di saat berjauhanlah hubungan mereka semakin dekat dan akhirnya Alif berani melamar gadis tersebut. Istrinya pun diboyong ke Amerika dan mereka memulai hidup disana. Perjuangan hidup terus berlanjut. 

Kisah keduanya membuat saya menjadi ingin seperti mereka. Mempunyai pasangan yang satu visi dan misi, kesamaan kegemaran, bisa saling melengkapi dan mendukung untuk terus meraih mimpi-mimpi.

Meskipun jumlah halaman pada novel ini mencapai ratusan halaman tapi tidak membosankan sebaliknya bisa membuat pembaca untuk terus membolak-balik halaman demi halaman karena penasaran untuk segera menuntaskan kisah indah yang sarat ilmu yang bisa diraih di dalamnya. Saya suka cerita yang happy ending seperti ini. Jadi, tunggu apalagi ayo segera baca novelnya yah, gak rugi deh :)


##########


Tuesday, October 15, 2013

Bumi Cinta - Habiburrahman El Shirazy

  

 
                                              Judul:         Bumi Cinta
                                              Penulis:      Habiburrahman El Shirazy
                                              Penerbit:    Author Publishing
                                              Terbit:        2010
                                              Halaman:    vi + 546
                                              Genre:        Fiksi
                                              ISBN:        978-979-3604-35-0


Karya lain dari Kang Abik yang bercerita tentang santri salaf asal Indonesia (Muhammad Ayyas) yang sedang melanjutkan S2 di India dan akan melakukan riset S2-nya di Rusia, Moskwa - Negeri yang paling menjunjung tinggi seks bebas dan pornografi. Kisah yang menegangkan, Ayyas yang taat diuji keimanannya selama berada di Rusia. Betapa tidak, dia tinggal di apartemen yang terpaksa harus bergabung dengan orang lain namun berbeda kamar sesuai dengan anggaran yang disampaikannya ke Devid, seorang teman semasa SMP yang melanjutkan kuliah di Rusia. Sayangnya, teman berbagi apartemennya adalah dua orang wanita yang sama sekali asing baginya. Dia tidak bisa berbuat banyak pada pilihan tersebut.

Sebelum berangkat ke Moskwa, Ayyas berkomunikasi dengan teman lamanya - Devid yang tinggal di sana. Ia meminta bantuan Devid untuk dicarikan tempat tinggal buatnya selama di Moskwa untuk melakukan risetnya. Namun sayang, karena keterbatasan waktu pencarian dan kedatangan Ayyas bertepatan dengan puncak musim dingin. Selain itu karena keterbatasan anggaran yang minim pulalah terpaksa Ayyas harus rela untuk tinggal bersama Yelena dan Linor dalam sebuah apartemen tetapi masing-masing memiliki kamar tersendiri. Devid memberikan penjelasan mengapa memilih apartemen tersebut, ia memilihnya juga untuk keselamatan sahabatnya itu, karena Devid yakin Ayyas akan jauh lebih aman berada di apartemen tersebut meskipun dengan dua orang perempuan karena apartemen tersebut memiliki kamar mandi pribadi, yang digunakan secara bersama hanyalah ruang tamu dan dapur. Devid khawatir jika temannya tinggal dengan lelaki asing akan tidak aman karena banyak diantara mereka adalah gay, apalagi gay yang ekstrim. Semua kembali lagi kepada Ayyas bagaimana dia bertindak dan menjaga dirinya. 

Urusan dengan wanita ternyata tidak berhenti pada permasalahan tempat tinggal itu, di kampus pun Ayyas yang tadinya akan dibimbing oleh Profesor Tomskii sahabat Pembimbingnya di India tiba-tiba Profesor mendapatkan tugas dari rektor untuk terbang ke Istanbul. Maka sang Profesor menyiapkan asistennya, Doktor Anastasia Palazzo untuk membimbing Ayyas untuk keperluan risetnya tersebut. 

*******

Berbeda dari karya-karya Kang Abik sebelumnya yang mana tiap awal membaca pasti langsung ingin menamatkannya, mungkin karena karya Kang Abik sebelumnya bertemakan tentang romantika kehidupan dan perjuangan hidup meraih cinta. Sedangkan cerita ini di awal-awal lebih banyak menjelaskan tentang Sejarah Rusia. 

Sepertinya diawal cerita kurang 'menarik' saya untuk terus membacanya tapi setelah hampir setengah buku saya jadi penasaran juga membacanya dan ingin tahu bagaimana ending cerita ini. Penasaran bagaimana Ayyas - sang tokoh utama hidup sementara untuk melakukan risetnya. Begitu banyak godaan yang dihadapinya tetapi dengan kesungguhan dan kebulatan tekad serta keteguhan imannya dia terus menjaga dan membentengi diri dengan Sholat dan selalu ingat pada Allah.

Meskipun begitu banyak godaan yang ditemuinya tapi selalu ditepisnya. Selain melakukan riset dia pun berbagi ilmu pengetahuan Agama bagi orang-orang disana. Dalam cerita ini dikisahkan juga beberapa tokoh besar yang akhirnya hijrah ke jalan Allah karena telah meyakini bahwa hanya Allah yang pantas untuk disembah, Allah satu, tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Beberapa karakter tokoh yang ada dibuku ini yang mana awalnya tidak meyakini adanya Tuhan juga akhirnya hijrah ke jalan Allah, ingin merasakan hidup indah di Bumi Allah.


Sayangnya, cerita ini berakhir sedih. Tapi overall ceritanya benar-benar menyentuh. Bagaimana kejelasan ceritanya? Silahkan membacanya sendiri yah, semoga cerita dari novel ini bermanfaat dan menjadi pembangun jiwa bagi kita.
 
############


Sunday, October 13, 2013

My Stupid Boss FAVORITE STORIES - Chaos@work




                                           Judul:        My Stupid Boss FAVORITE STORIES
                                           Penulis:     Chaos@work
                                           Penerbit:   Gradien Mediatama
                                           Terbit:       2012
                                           Halaman:  536
                                           Genre:      Nonfiksi Komedi
                                           ISBN:       978-602-208-083-1



[Harusnya] Kisah Amoy Kerani VS Bossman udah gak asing lagi yah di dunia ini. MSB (My Stupid Boss) sudah 4 jilid loooh. Nah kali ini, menu bukunya terdiri dari 63 cerita favorit dari MSB 1 sampai MSB 4. Ditambah dengan 20 cerita favorit MSB Fans’ Stories yang terangkum dalam Persembahan Bersahaja dari Pembaca. Gak hanya itu ada juga foto-foto narsis para fans MSB yang ikutan mejeng di dalam buku ini plus rayuan maut dari para fans spesial untuk Bossman.

 ---------


Siapa yag masih belum kenal dengan Amoy Kerani (Chaos@Work) versus Bossman gendut, pelit, dan segala jenis keburukannya? Aiish yang belum kenal buruan deh cari bukunya di toko buku terdekat, dijamin bakalan mengutuk keras kelakuan si Bossman gak berwibawa dan selalu malu-maluin itu :p

Buku ini adalah kumpulan kisah perjalanan penderitaan Amoy Kerekan eehh salah Amoy Kerani bekerja di perusahaan Bossman gendut pelit dan hal terkutuk lainnya itu. Masih dengan cerita memalukan dan ke-stupid-an si Bossman yang tidak ada habisnya, heraan ini penyakit apa kelebihan yaah? Xixiixix. 

Tapi dijamin buku ini bisa jadi obat penyembuh luka hati deh *oups*,  bisa juga untuk jadi cemilan disaat stress melanda saat kerjaan lagi numpuk atau dikejar deadline tak berkesudahan  dijamin setelah baca buku ini jadi segar kembalilah karena gak tahan untuk ngakak baca kisah mengharu-biru milik Mbak Kerani plus kisah para fans MSB juga.

Sepertinya Mbak Kerani itu punya stock extra sabar yang sangaaaaat banyak dalam menghadapi si Bossman yang pikun binti amnesia akut, gak mau dikalah, suka nyalahin orang, punya 1001 alasan untuk ngeles, super pelit bahkan tega tidak membayar gaji  Mbak Kerani sampe berbulan-bulan dan segudang kebobrokan Bossman lainnya. 

Sepertinya cuma sekali Si Bossman berlaku baik, sewaktu hatinya terketuk melihat anak kecil cacat penghuni panti asuhan yang menolong anak cacat lainnya. Si Bossman mengikuti dua anak itu dan beberapa hari kemudian dese mengajak Mbak Kerani kembali ke panti asuhan tadi. Bossman ternyata masih punya hati juga, dia bersedia memberikan donasi ke panti asuhan itu. Membangun dan menyantuni anak-anak yang tinggal di tempat tersebut. Saat itu Mbak Kerani merasa tersentuh hatinya melihat sang Bossman kembali ke jalan yang lurus, sayangnya itu tidak bertahan lama. Beberapa waktu kemudian Bossman kembali ke tabiatnya seperti biasa. Heaven is Full so He came Back, hahahahh.

Ayoooo, penasaran kan? Silahkan baca koleksi buku Mbak Kerani aja yaaah. Pasti bakalan kecanduan deh. Yakin, Sure, Pastiiiii *tereak aLa Bossman* :p


#######


Saturday, October 12, 2013

Totto-chan: Gadis Cilik di Jendela - Tetsuko Kuroyanagi



                                           Judul:       Totto-chan: Gadis Cilik di Jendela
                                           Penulis:    Tetsuko Kuroyanagi
                                           Penerbit:   PT Gramedia Pustaka Utama
                                           Terbit:       Mei 2003
                                           Halaman:  272
                                           Genre:      Fiksi
                                           ISBN:       979-22-0234-X


Ibu Guru menganggap Toto-chan nakal, padahal gadi cilik ini hanya punya rasa ingin tahu yang besar. Itulah sebabnya ia gemar berdiri di depan jendela selama perjalanan berlangsung. Karena para guru sudah tidak tahan lagi, akhirnya Totto-chan dikeluarkan dari sekolah. 

Mama pun mendaftarkan Totto-chan ke Tomoe Gakuen. Totto-chan senag sekali, di sekolah itu para murid belajar di gerbong kereta yang dijadikan kelas. Mereka bisa belajar sambil menikmati pemandanngan di luar gerbong dan membayangkan sedang melakukan perjalanan. Selain itu, mereka pun dibebaskan untuk mengubah urutan pelajaran sesuai keinginan mereka. Di tempat baru ini Totto-chan mendapatkan banyak pelajaran berharga tentang persahabatan, rasa hormat dan menghargai orang lain, serta kebebasan menjadi diri sendiri. 

--------

Ini adalah novel terjemahan Jepang, terbit pertama kali di Jepang pada tahun 1981 namun diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia pada Mei 2003. Meskipun ini buku lama tapi banyak hal yang bisa dijadikan pelajaran di dalamnya. Total bab dalam novel ini sebanyak 62 bab cerita dan 1 bab epilog.

Buku yang menceritakan kisah Totto-chan yang bersekolah di Tomoe Gakeun - semacam sekolah alam. Di Tomoe Gakeun ini para muridnya belajar di gerbong kereta yang dijadikan kelas, belajar sambil menikmati pemandangan di luar gerbong dan membayangkan mereka sedang melakukan perjalanan. Sekolah ini sangat berbeda dari sekolah Totto-chan yang sebelumnya, di Tomoe Gakeun mereka dibebaskan untuk mengubah urutan pelajaran sesuai keinginan mereka. 

Selain pola belajar yang berbeda, di sekolah barunya ini para murid dibiasakan untuk makan siang bersama. Membawa bekal sesuatu dari laut dan pegunungan sehingga menambah keakraban diantara mereka. Setiap hari di sekolah ini selalu punya kejutan. Tiap anak di Tomoe Gakeun ini punya satu pohon di halaman sekolah yang mereka anggap pohon milik mereka pribadi. Hal ini membuat Totto-chan jadi betah di sekolah barunya, membuatnya bersemangat pergi ke sekolah hingga merasa fajar tidak cukup cepat datang. Dan setiap kali pulang sekolah dia tidak bisa berhenti bercerita ke Mama Papa dan Rocky tentang semua hal yang dilakukannya di sekolah hari itu. Tidak hanya itu masih banyak kejutan lain yang didapatkan Totto-chan di sekolah barunya ini.

Buku ini sangat edukatif, banyak hal yang dapat kita jadikan pelajaran di dalamnya. Saat ini sekolah alam sudah mulai dikembanngkan di Indonesia, seperti sekolah Tomoe Gakeun. Sangat penting mengenalkan kepada anak tentang alam, mendekatkanya pada alam, memberikan kebebasan kepada mereka untuk belajar hal-hal yang mereka senangi dan tidak monoton memberikan pelajaran yang tanpa kita sadari itu memaksa anak untuk  membuat mereka merasa bosan. Tidak jarang anak-anak menjadi malas untuk belajar karena merasa bosan dengan kegiatan yang berulang, seperti tidak ada tantangan di dalamnya. Tanpa kita sadari bahwa mereka punya rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Dengan adanya sekolah yang seperti Tomoe Gakeun ini dimana mereka dilatih untuk mandiri dan bertanggung jawab terhadap apa yang mereka miliki.

Penasaran denga ceritanya? Tidak ada salahnya dong untuk cari buku ini. Cocok dibaca untuk semua umur, apalagi untuk orang tua maupun tenaga pendidik untuk menambah referensi dalam mencerdaskan anak-anak kita :)


#########


Friday, October 11, 2013

Cerita Hati: Ini Cinta Pertama - Bernard Batubara, dkk




                                              Judul:        Cerita Hati Ini Cinta Pertama
                                              Penulis:     Bernard Batubara, dkk
                                              Penerbit:   Bukuné
                                              Terbit:       November 2012
                                              Halaman:  298
                                              Genre:      Fiksi
                                              ISBN:       602-220-080-6


Cinta pertama hanya datang satu kali. Ketika kau tak bisa menangkapnya, kau akan kehilangan. Tapi, kau akan selalu tahu, Ia akan selalu ada di hati – selamanya. Seperti kata banyak orang, cinta pertama punya cerita tersendiri. Kisah indah yang tak akan pernah lekang oleh waktu.

Seperti halnya buku ini, berisi kumpulan cerita [cinta pertama] hasil karya dari 17 penulis - 17 cerita cinta pertama yang ditulis dari hati. Sayap Kupu-kupu (Kireina Enno), Bianglala (Dedek Fidelis Sinabutar), Satu Kilometer (Suci Nurkhasanah), Tulang Rusuk Susu (Indra Widjaya), First Love in The Eyes (Prince Damo Rejeb), Dear My First Love (Fitrah Amalia), Jebakan Cinta Pertama (Erditya Arfah), Kupu-kupu Terakhir (Sulfiza Ariska), Sembilan Hari Denganmu (Khyarina), Delapan Belas (Dian Purnama), Kau yang Datang Bersama Hujan (Chika Rei), Partikel “Titik” Itu (Nabilla Chafa), Cinta Pertama (Dannie Faizal), Lewat Surat Ini Aku Bercerita (Khoirunnisa Zukhrufiddin), Lupa Melupakan, Rindu Dirindukan (Andhika Citra Handayani), Di Dalam Mata Dilla (Bernard Batubara) dan Memoar Alhadid Yunara (Risa Saraswati). 

Kali ini cuma akan mencoba menulis rangkuman dari beberapa cerita saja, klo dituliskan semuanya disini postingan ini bakalan jadi postingan panjaaang banget, jadi klo entar emang penasaran silahkan cari bukunya sendiri aja yaah ;)

-------- 

Kisah cinta pertama milik Dedek Fidelis Sinabutar, berikisah tentang Bianglala. Menurut Dedek, mencintai itu ibarat sepasang kekasih yang mengantre untuk menaiki bianglala. Saat kosongnya tepat berada di giliran kita, yang perlu diperhatikan adalah masing-masing diantara kita harus menggenggam tangan salah seorang yang lain, memastikan keduanya siap berada di dalam yang sama, tanpa ada keraguan. Tanpa ada orang ketiga di dalamnya selama bianglala berputar. Sehingga selama menaiki bianglala, kita dapat merasakan hal sama bersama-sama. Cinta pertama itu sama dengan pengalaman pertama menaiki bianglala.

Hal ini dirasakan Dedek ketika dirinya kelas 3 SMP, tepatnya di sebuah pasar malam di kotanya.Dedek saat itu sedang mengantri giliran untuk naik ke bianglala, seorang gadis menanyakan kesediaan Dedek untuk menemaninya naik bianglala karena si gadis tersebut takut dengan ketinggian. Dedek pun menyetujui tawaran tersebut. Setelah turun dari bianglala itu mereka berkenalan, saat itu juga Dedek tahu nama gadis itu adalah Alena Triani. Menurut gadis itu mereka seumuran, tapi Dedek berpendapat lain bahwa gadis itu lebih penakut daripada umurnya yang sebenarnya. Meskipun demikian, mereka berjanji untuk bertemu kembali Sabtu malam berikutnya. 

Sabtu malam kedua pun datang dan begitupula Sabtu malam ketiga. Di pertemuan ketiga inilah mereka baru bercerita banyak, bahwa Alena dan Dedek bersekolah di SMP yang sama bahkan mereka tiga tahun telah sekelas namun tidak saling mengenal! Di malam itu juga Alena pamit ke Dedek, bahwa dirinya harus pindah ke Medan karena orang tua Alena pindah tugas di kota tersebut. Meskipun Dedek sadar bahwa dia telah jatuh hati pada Alena, tetapi dia tidak cukup berani untuk mengatakan perasaannya. Kenyataannya Alena turun dari boks bianglala terlebih dahulu dan Dedek membiarkannya pergi begitu saja. 

***** 

Satu Kilometer karya Suci Nurkhasanah, kisahnya dengan Galih yang berjalan kaki menyebrangi sungai dekat sekolahnya karena Jembatan Pabelan hanya seusai banjir lahar dingin.Sudah sebulan Suci dan Galih berjalan kaki bersama dan Suci sangat menikmatinya.Hingga suatu hari, jembatan itu pun bagus kembali. Maka aktivitas berjalan kaki sepanjang satu kilometer pun tidak dilakoni oleh Galih maupun Suci lagi. Namun Suci merasa berat hati untuk menerima kenyataan ini, karena dengan begitu kesempatan untuk berjalan kaki bersama Galih tidak akan ada lagi.

Galih adalah lelaki yang baik, keren, pintar namun sayangnya Galih bukan orang yang peka, dia tidak pernah menyadari sikap dan perhatian Suci.Jalan satu kilometer itu telah membuat Suci jatuh cinta.Satu kilometer, jarak yang dekat jika ditempuh dengan berjalan kaki.Namun satu kilometer menjadi beribu-ribu kilometer karena...cinta.

*****

Lain halnya kisah cinta pertama dari Khyarina, Sembilan Hari Denganmu.Khyarina (Rina) menjadi korban bencana tsunami Aceh di akhir Desember 2004 yang lalu.Dia dan keluarganya tak punya apa-apa lagi selain baju yang melekat di badan.Beruntung dia masih punya Paman di Jakarta yang datang menjemput dia dan keluarganya untuk ikut ke Jakarta. Disanalah mereka melanjutkan kehidupan dengan baik.Paman dan Tantenya menyarankannya untuk lanjut sekolah, mengingat saat itu Khyarina sudah duduk di bangku kelas 3 SMA, sangat disayangkan jika terpaksa harus putus sekolah.

Sayangnya Rina bersekolah di SMA Jakarta sangat singkat, hanya 9 hari saja. Namun dalam waktu 9 hari itu Rina menemukan sosok cinta pertamanya pada seorang cowok yang di sebutnya Pak De. Meskipun di hari pertama Pak De ini sangat menyebalkan di depannya tetapi ternyata Rina malah jatuh cinta karena ternyata diam-diam Pak De selalu membela dan memperhatikannya, tidak hanya itu Pak De selalu berada di sampingnya, bersebelahan duduk dan sekelompok praktikum. Diam-diam Rina pun mulai menyimpan rasa kepada Pak De, terlebih lagi di hari ketujuh Pak De menanyakan tentang Masjid-masjid di Banda Aceh. Rina sangat senang mendengar orang yang dikaguminya itu adalah seorang yang mencintai agamanya.

Di hari kedelapan, Rina harus berpamitan kepada teman-temannya karena sekolah di kampung halamannya sudah direnovasi dan guru-guru disana menginstruksikan para siswa-siswa untuk kembali bersekolah di sana. Di hari itu teman-temannya mengajak untuk berfoto bersama sebagai kenang-kenangan dan menjelang jam pulang sekolah mereka member sebuah rok putih yang penuh dengan coret-coretan yang berisi pesan-pesan kepada Rina. “Rin, lo harus bangun Aceh lagi. Ntar kalo gue datang ke sana, Aceh udah harus bagus lagi, oke”. Itu adalah pesan dari Pak De yang membuat Rina terus tersenyum membacanya. 

Di hari kesembilan, Rina sudah siap untuk kembali ke Aceh. Dia menyempatkan mampir ke sekolahnya sebentar, sekalian pamit ke para guru dan kepala sekolah. Tak disangka, orang yang dikagum-kagumi dating menghampiri. “Rin, emm… gue minta maaf ya, kalo selama ini ada sikap gue dan teman-teman gue yang bikin perasaan lo ga enak” ucapnya lembut. Dan Rina hanya berkata “Ga apa-apa, De. Makasih ya…” Dan berakhirlah hari-hari indah Rina bersama Pak De. 

Karena cinta pertama yang terpendam inilah yang menjadikan Rina menutup hatinya hingga empat tahun, berharap Pak De akan berkunjung ke kotanya seperti janji yang dituliskannya di rok putih yang sudah mulai kusam. Sejak kembali ke Aceh, dia tidak pernah lagi berkomunikasi dengan Pak De. Hingga suatu hari, Rina menemukan situs jejaring sosial Pak De dengan status “bertunangan”. 

****** 

Kau yang Datang Bersama Hujan cerita cinta pertama Chika Rei. Cerita cinta pertama Chika bermula ketika orientasi kampusnya. Orientasi identik dengan setelan aneh dilengkapi dengan atribut menggelikan. Mulai dari kalung permen dan cokelat, hingga rumbai-rumbai yang tampak di tangan serta leher mereka. Di saat itulah dia bertemu dengan sosok cinta pertamanya, Pangeran Bergitar. Seorang basis berbadan kurus tinggi, dengan rambut sedikit ikal yang dibalut topi rajutan berwarna hitam. Pangeran Bergitar dan bandnya ini juga yang telah menjadi penolong Chika ketika dirinya dihukum oleh senior karena dianggap melanggar dan salah memakai pakaian. Mereka menyanyikan lagu Hujan dari Utopia.

Chika sama sekali tak tahu identitas sang Pangeran Bergitar, nama, tempat tinggal, kampus, atau apa nama Facebooknya. Yang bisa dilakukan Chika hanyalah menatap hujan sambil diiringi lagu yang dibawakan oleh sang Pangeran Bergitar saat orientasi mahasiswa beberapa hari lalu. Sambil berdoa agar Tuhan mempertemukan mereka kembali. Doa Chika pun terkabul, dia kembali bertemu dengan sang Pangeran Bergitar di suatu pagi dengan diiringi hujan. Sebuah pertemuan yang tak pernah diduganya. Rain Bima Sakti, suatu kebetulan nama sang pangeran mempunyai arti ‘hujan’, seperti Chika yang mencintai hujan. Gerimis dan hujan yang membuatnya makin mencintai sang pangeran. Cinta Chika tidak bertepuk sebelah tangan. Tanpa sepengetahuan Chika, ternyata sejak orientasi itu Rain juga mencari tahu tentang Chika. Ini diungkapkan Rain pada suatu hari di beranda rumah Chika. 

*****

Aahh cinta pertama memang penuh warna, ada yang rela untuk menyimpannya di dalam hati, berakhir kecewa tapi tak sedikit juga yang berakhir indah. Cinta pertama punya banyak cerita, kisah yang tak kan terlupa. Total ada 17 kisah yang terangkum di dalam buku ini, masing-masing kisah punya cerita indah. Ada yang menyimpan perasaannya untuk dirinya sendiri dan tak berani mengungkapkan ke pujaan hati meskipun mereka telah dekat. Ada pula yang rela melepas begitu saja cintanya, lain kisah lagi ada yang sempat jadian tetapi karena merasa bosan dan kemudian mencari idaman lain dan terus mempertahankan orang baru itu dan mengakhiri hubungan kisah cinta pertamanya.

Ada yang menganggap cinta itu seperti menaiki bianglala. Ada pula yang menganggap bahwa cinta itu seperti kupu-kupu bahkan ada cerita juga tentang tulang rusuk susu - bahwa tulang rusuk memiliki pasangannya masing-masing, tetapi cinta pertama yang dirasakannya sewaktu masih di bangku sekolah dasar seperti tulang rusuk susu: melekat erat tapi hanya sementara. Aahh sekali lagi, cinta pertama itu indah penuh warna. Nah, bagaimana cerita cinta pertamumu? Penasaran dengan ceritanya? Ayo dong, segera cari bukunya. 

#####

Thursday, October 10, 2013

Mari Membaca :)

Hulaaaaaaaa ^____^


Welcome to my world, halaaah. Buat blog baru lagi, kali ini diperuntukkan untuk menuliskan resensi buku yang telah dibaca. Oups, tepatnya masih terus belajar untuk membuat resensi. Semoga berguna. 

Blog ini juga hadir karena ingin memeriahkan Project Battle Challenge #31HariBerbagiBacaan yang digagas oleh Ila Rizky dan Mbak Esti.

Meskipun ikut challenge ini tidak dimulai dari hari pertama, tetapi semoga semangat untuk tetap ikut berbagi bacaan terus ada.



-cheers-
Diah