Saturday, October 12, 2013

Totto-chan: Gadis Cilik di Jendela - Tetsuko Kuroyanagi



                                           Judul:       Totto-chan: Gadis Cilik di Jendela
                                           Penulis:    Tetsuko Kuroyanagi
                                           Penerbit:   PT Gramedia Pustaka Utama
                                           Terbit:       Mei 2003
                                           Halaman:  272
                                           Genre:      Fiksi
                                           ISBN:       979-22-0234-X


Ibu Guru menganggap Toto-chan nakal, padahal gadi cilik ini hanya punya rasa ingin tahu yang besar. Itulah sebabnya ia gemar berdiri di depan jendela selama perjalanan berlangsung. Karena para guru sudah tidak tahan lagi, akhirnya Totto-chan dikeluarkan dari sekolah. 

Mama pun mendaftarkan Totto-chan ke Tomoe Gakuen. Totto-chan senag sekali, di sekolah itu para murid belajar di gerbong kereta yang dijadikan kelas. Mereka bisa belajar sambil menikmati pemandanngan di luar gerbong dan membayangkan sedang melakukan perjalanan. Selain itu, mereka pun dibebaskan untuk mengubah urutan pelajaran sesuai keinginan mereka. Di tempat baru ini Totto-chan mendapatkan banyak pelajaran berharga tentang persahabatan, rasa hormat dan menghargai orang lain, serta kebebasan menjadi diri sendiri. 

--------

Ini adalah novel terjemahan Jepang, terbit pertama kali di Jepang pada tahun 1981 namun diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia pada Mei 2003. Meskipun ini buku lama tapi banyak hal yang bisa dijadikan pelajaran di dalamnya. Total bab dalam novel ini sebanyak 62 bab cerita dan 1 bab epilog.

Buku yang menceritakan kisah Totto-chan yang bersekolah di Tomoe Gakeun - semacam sekolah alam. Di Tomoe Gakeun ini para muridnya belajar di gerbong kereta yang dijadikan kelas, belajar sambil menikmati pemandangan di luar gerbong dan membayangkan mereka sedang melakukan perjalanan. Sekolah ini sangat berbeda dari sekolah Totto-chan yang sebelumnya, di Tomoe Gakeun mereka dibebaskan untuk mengubah urutan pelajaran sesuai keinginan mereka. 

Selain pola belajar yang berbeda, di sekolah barunya ini para murid dibiasakan untuk makan siang bersama. Membawa bekal sesuatu dari laut dan pegunungan sehingga menambah keakraban diantara mereka. Setiap hari di sekolah ini selalu punya kejutan. Tiap anak di Tomoe Gakeun ini punya satu pohon di halaman sekolah yang mereka anggap pohon milik mereka pribadi. Hal ini membuat Totto-chan jadi betah di sekolah barunya, membuatnya bersemangat pergi ke sekolah hingga merasa fajar tidak cukup cepat datang. Dan setiap kali pulang sekolah dia tidak bisa berhenti bercerita ke Mama Papa dan Rocky tentang semua hal yang dilakukannya di sekolah hari itu. Tidak hanya itu masih banyak kejutan lain yang didapatkan Totto-chan di sekolah barunya ini.

Buku ini sangat edukatif, banyak hal yang dapat kita jadikan pelajaran di dalamnya. Saat ini sekolah alam sudah mulai dikembanngkan di Indonesia, seperti sekolah Tomoe Gakeun. Sangat penting mengenalkan kepada anak tentang alam, mendekatkanya pada alam, memberikan kebebasan kepada mereka untuk belajar hal-hal yang mereka senangi dan tidak monoton memberikan pelajaran yang tanpa kita sadari itu memaksa anak untuk  membuat mereka merasa bosan. Tidak jarang anak-anak menjadi malas untuk belajar karena merasa bosan dengan kegiatan yang berulang, seperti tidak ada tantangan di dalamnya. Tanpa kita sadari bahwa mereka punya rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Dengan adanya sekolah yang seperti Tomoe Gakeun ini dimana mereka dilatih untuk mandiri dan bertanggung jawab terhadap apa yang mereka miliki.

Penasaran denga ceritanya? Tidak ada salahnya dong untuk cari buku ini. Cocok dibaca untuk semua umur, apalagi untuk orang tua maupun tenaga pendidik untuk menambah referensi dalam mencerdaskan anak-anak kita :)


#########


No comments:

Post a Comment