Saturday, October 19, 2013

Filosofi Kopi - Dee



                                   Judul:         Filosofi Kopi: Kumpulan Cerita dan Prosa Satu Dekade
                                   Penulis:      Dee/Dewi Lestari
                                   Penerbit:    Bentang Pustaka
                                   Terbit:        2012
                                   Halaman:   xiv + 139
                                   Genre:       Fiksi/Kumpulan Cerita
                                   ISBN:        978-602-8811-61-3


Ini adalah kumpulan cerita dan prosa satu dekade dari seorang Dewi Lestari atau lebih akrab disapa dengan Dee.  Ada total 18 cerita dan prosa di dalamnya. Seperti judulnya, Filosofi Kopi lah yang menjadi cerita utama dalam buku ini.  

Filosopi Kopi  ditulis pada tahun 1996 inin menceritakan kisah Ben dan Jody sang pemilik kedai kopi, Filosofi Kopi. Ben sebagai barista dan Jody yang bertugas di belakang mesin kasir bersama dengan kalkulatornya. Kedai itu diberi nama Filosofi Kopi - Temukan Diri Anda di Sini, karena setiap orang bebas menentukan pilihan menunya sendiri dan dari pilihan itulah Ben dapat membaca kepribadian sang pelaggan. Seperti cappucino, untuk orang yang menyukai kelembutan sekaligus keindahan. Untuk penikmat sejati cappucino pasti akan memandangi penampilan yang terlihat di cangkirnya sebelum mencicipinya.

Berbeda dengan kopi tubruk melambangkan kesederhanaan, lugu tapi sangat memikat jika kita mengenalnya lebih dalam. Kedahsyatan kopi tubruk terletak pada temperatur, tekanan dan urutan langkah pembuatan yang tepat untuk mendapatkan aroma yang memukau.

Suatu hari, seseorang datang ke Filosopi Kopi berniat untuk merasakan kopi yang sesuai dengan penggambaran dirinya, sayangnya di kedai itu belum ada yang sesuai dengan karakteristik orang tersebut hingga akhinya dia menantang Ben untuk menemukan kopi yang sempurna, apabila diminum akan membuat kita menahan napas saking takjubnya, dan cuma bisa berkata: hidup ini sempurna. Ben pun menerima tantangan tersebut. Bagaimana kisahnya? Akankah Ben berhasil mendapatkan kopi yang sempurna itu? Silahkan temukan jawabannya pada buku ini.


#########


No comments:

Post a Comment