Tuesday, October 15, 2013

Bumi Cinta - Habiburrahman El Shirazy

  

 
                                              Judul:         Bumi Cinta
                                              Penulis:      Habiburrahman El Shirazy
                                              Penerbit:    Author Publishing
                                              Terbit:        2010
                                              Halaman:    vi + 546
                                              Genre:        Fiksi
                                              ISBN:        978-979-3604-35-0


Karya lain dari Kang Abik yang bercerita tentang santri salaf asal Indonesia (Muhammad Ayyas) yang sedang melanjutkan S2 di India dan akan melakukan riset S2-nya di Rusia, Moskwa - Negeri yang paling menjunjung tinggi seks bebas dan pornografi. Kisah yang menegangkan, Ayyas yang taat diuji keimanannya selama berada di Rusia. Betapa tidak, dia tinggal di apartemen yang terpaksa harus bergabung dengan orang lain namun berbeda kamar sesuai dengan anggaran yang disampaikannya ke Devid, seorang teman semasa SMP yang melanjutkan kuliah di Rusia. Sayangnya, teman berbagi apartemennya adalah dua orang wanita yang sama sekali asing baginya. Dia tidak bisa berbuat banyak pada pilihan tersebut.

Sebelum berangkat ke Moskwa, Ayyas berkomunikasi dengan teman lamanya - Devid yang tinggal di sana. Ia meminta bantuan Devid untuk dicarikan tempat tinggal buatnya selama di Moskwa untuk melakukan risetnya. Namun sayang, karena keterbatasan waktu pencarian dan kedatangan Ayyas bertepatan dengan puncak musim dingin. Selain itu karena keterbatasan anggaran yang minim pulalah terpaksa Ayyas harus rela untuk tinggal bersama Yelena dan Linor dalam sebuah apartemen tetapi masing-masing memiliki kamar tersendiri. Devid memberikan penjelasan mengapa memilih apartemen tersebut, ia memilihnya juga untuk keselamatan sahabatnya itu, karena Devid yakin Ayyas akan jauh lebih aman berada di apartemen tersebut meskipun dengan dua orang perempuan karena apartemen tersebut memiliki kamar mandi pribadi, yang digunakan secara bersama hanyalah ruang tamu dan dapur. Devid khawatir jika temannya tinggal dengan lelaki asing akan tidak aman karena banyak diantara mereka adalah gay, apalagi gay yang ekstrim. Semua kembali lagi kepada Ayyas bagaimana dia bertindak dan menjaga dirinya. 

Urusan dengan wanita ternyata tidak berhenti pada permasalahan tempat tinggal itu, di kampus pun Ayyas yang tadinya akan dibimbing oleh Profesor Tomskii sahabat Pembimbingnya di India tiba-tiba Profesor mendapatkan tugas dari rektor untuk terbang ke Istanbul. Maka sang Profesor menyiapkan asistennya, Doktor Anastasia Palazzo untuk membimbing Ayyas untuk keperluan risetnya tersebut. 

*******

Berbeda dari karya-karya Kang Abik sebelumnya yang mana tiap awal membaca pasti langsung ingin menamatkannya, mungkin karena karya Kang Abik sebelumnya bertemakan tentang romantika kehidupan dan perjuangan hidup meraih cinta. Sedangkan cerita ini di awal-awal lebih banyak menjelaskan tentang Sejarah Rusia. 

Sepertinya diawal cerita kurang 'menarik' saya untuk terus membacanya tapi setelah hampir setengah buku saya jadi penasaran juga membacanya dan ingin tahu bagaimana ending cerita ini. Penasaran bagaimana Ayyas - sang tokoh utama hidup sementara untuk melakukan risetnya. Begitu banyak godaan yang dihadapinya tetapi dengan kesungguhan dan kebulatan tekad serta keteguhan imannya dia terus menjaga dan membentengi diri dengan Sholat dan selalu ingat pada Allah.

Meskipun begitu banyak godaan yang ditemuinya tapi selalu ditepisnya. Selain melakukan riset dia pun berbagi ilmu pengetahuan Agama bagi orang-orang disana. Dalam cerita ini dikisahkan juga beberapa tokoh besar yang akhirnya hijrah ke jalan Allah karena telah meyakini bahwa hanya Allah yang pantas untuk disembah, Allah satu, tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Beberapa karakter tokoh yang ada dibuku ini yang mana awalnya tidak meyakini adanya Tuhan juga akhirnya hijrah ke jalan Allah, ingin merasakan hidup indah di Bumi Allah.


Sayangnya, cerita ini berakhir sedih. Tapi overall ceritanya benar-benar menyentuh. Bagaimana kejelasan ceritanya? Silahkan membacanya sendiri yah, semoga cerita dari novel ini bermanfaat dan menjadi pembangun jiwa bagi kita.
 
############


2 comments:

  1. aku udah baca, bagus kang habib bukunya slalu bagus dan settingnya saya suka...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah Mbak, bukunya emang bagus2. tapi saya gak begitu suka yg sad ending kayak ini nih :(

      Delete